Monday, January 14, 2013

Angel Fotografi

Dalam fotografi, angle atau sudut pandang adalah rentang sudut perspektif yang terekam oleh kamera. 

Angle dalam istilah lain disebut sebagai posisi atau sudut bidik mempunyai peranan penting dalam fotografi, karena dengan mengetahui berbagai angle dalam fotografi maka kita akan lebih mudah mendapatkan konsep foto yang kita inginkan.

Berikut ini berbagai angle dalam fotografi yang umum dilakukan oleh para fotografer:
  • Normal angle
Normal angle adalah angle umum karena pada posisi ini kamera yang dipegang oleh fotografer sejajar dengan objek yang kita jadikan objek sebuah foto.
  • Bird eye view atau eagle eye angle
Angle ini merupakan suatu angle dimana kita sedang berada disuatu ketinggian tertentu, oleh sebab itu diistilahkan sebagai sudut pandang mata elang. Ini basanya dilakukan dalam melakukanlandscape photohgraphy dimana angle yang kita tuju adalah keluasan ruang yang akan kita jadikan sebuah karya fotografi.
  • Low angle
Kata yang satu ini pasti sudah sangat sering di dengar. Sesuai dengan kata-katanya 'low angle' berarti sudut tembak yang rendah dari objek adalah sasaran bidik kita.
  • High angle
Angle jenis ini merupakan kebalikan dari 'low angel' yaitu memposisikan diri tepat berada di atas objek yang kita jadikan sasaran atau objek bidik.
  • Frog eye angle
Angle jenis ini sesuai dengan namanya 'frog' yang berarti kodok. Yaitu suatu angle yang sangat rendah. Bahkan lebih rendah dari 'low angel'. Angel ini menuntut seorang fotografer untuk mengambil posisi kamera yang dipegang sangat dekat dengan tanah. Bahkan tidak sedikit fotografer mencapai angle ini dengan posisi tiarap laksana seorang tentara yang sedang tiarap.

Dikutip dari Ghiboo.com 

No comments: